Container Icon

SISTEM PENGOLAHAN CITRA UNTUK MENGHITUNG LUAS OBJEK DENGAN MENGGUNAKAN MATLAB 7.1

Graf komp dan Pengolahan Citra dalam bidang Geografi

SISTEM PENGOLAHAN CITRA UNTUK
MENGHITUNG LUAS OBJEK DENGAN MENGGUNAKAN
MATLAB 7.1



Perkembangan teknologi dewasa ini membuat manusia ingin meningkatkan efektifitas dan efisiensi dengan teknologi digital. Sebagai contohnya, dahulu mayoritas manusia apabila ingin mengambil gambar suatu objek masih menggunakan kamera analog, akan tetapi sekarang dapat menggunakan kamera digital yang hasilnya dapat diolah, disimpan dan dikirim secara elektronik. Komputer mempunyai peran yang sangat besar dalam pengolahan data karena memiliki kemampuan komputasi tinggi, sehingga data yang diolah menjadi sebuah informasi. Salah satu data tersebut bisa berupa gambar atau citra digital yang mampu diolah untuk mendapatkan informasi yang lebih baik dan efisien karena pengolahan data tersebut dilakukan oleh sistem komputer.

Capture CCD (Charge Coupled Device) kamera mampu menghasilkan informasi dari objek berupa citra digital sehingga dapat mengenali pola untuk bisa diolah lebih lanjut dan mendapatkan informasi secara otomatis. Agar komputer mampu melakukan pengenalan pola (pattern recognition) suatu citra digital, maka perlu dilakukan perbaikan citra (image restoration) digital tersebut untuk menghasilkan citra digital yang mampu dikenali oleh komputer, sehingga dapat dihitung luas objeknya.

Pengolahan citra adalah pemrosesan citra dengan menggunakan komputer untuk menghasilkan citra manipulasi yang kualitasnya lebih baik dari sebelumnya, sehingga citra tersebut dapat diinterpretasikan baik oleh manusia maupun mesin. Pengolahan citra sangat bermanfaat, diantaranya adalah untuk meningkatkan kualitas citra, menghilangkan cacat pada citra, mengidentifikasi objek, penggabungan dengan bagian citra yang lain. Luas adalah kuantitas fisik yang menyatakan ukuran suatu permukaan. Pengukuran luas untuk bentuk-bentuk sederhana bisa dilakukan dengan menggunakan persamaan matematika. Penghitungan luas citra sangat bermanfaat, diantaranya dibidang biologi. Pada bidang biologi, digunakan untuk mengamati 3 dan mengitung luas/jumlah sel dan atau bakter. Pada bidang geografi, digunakan untuk mengetahui luas daerah yang terkena bencana alam. bidang pemetaan, digunakan untuk mengetahui klasifikasi penggunaan tanah. Matlab merupakan software yang mendunia, banyak yang menggunakannya sehingga tingkat kesalahannya kecil dibandingkan software lokal. Kegunaan Matlab secara umum adalah untuk memecahkan masalah mengenai matematika dan komputasi; pengembangan algoritma; pemodelan, simulasi, dan pembuatan prototype; analisis data, eksplorasi, dan visualisasinya; pembuatan program aplikasi, termasuk rancangan antarmuka grafis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Apa pendapatmu??^^

B_E_T_Z