Container Icon

Penyakit Diabetes

DIABETES



             Amatilah tubuh Anda, jika kadang Anda merasa selalu haus, lebih cepat haus daripada biasanya. Dan jika Anda merasa begitu capek, seperti kurang tidur, dan mungkin Anda juga mengalami penurunan berat badan secara signifikan tanpa mengikuti program diet, ketika Anda tidur, Anda senantiasa terbangun untuk buang air kecil.

Ketika Anda menyadari hal tersebut, Anda mungkin berpikir “Ah, nanti juga hilang”. Tetapi gejala tersebut bisa saja penyakit yang berkembang dan akan menghantui Anda seumur hidup.

Anda bisa saja merupakan salah satu dari 250 juta orang di dunia yang mengidap diabetes. Bahkan satu per tiga dari penderita diabetes tidak menyadari bahwa mereka mengidap diabetes. Diabetes adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi jantung, gagal ginjal, amputasi dan kebutaan.

Apa itu Diabetes?
Diabetes adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak bisa menghasilkan insulin atau mempunyai kesulitan untuk menggunakan insulin secara sempurna, insulin dibutuhkan tubuh untuk memproses glukosa, gula yang dibutuhkan tubuh Anda sebagai energi. Jika tubuh Anda tidak dapat memproduksi atau menggunakan insulin dengan benar, maka tubuh Anda dapat menampung terlalu banyak atau terlalu sedikit gula di dalam darah.

Diabetes tidak dapat disembuhkan, tetapi diabetes dapat dikontrol melalui diet atau pengaturan pola makan dan pengobatan. Diabetes jika dibiarkan dapat menjadi penyakit yang berbahaya dan menimbulkan berbagai macam komplikasi.

Ada dua macam diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2
Diabetes tipe 1
Diabetes jenis ini terjadi ketika tubuh Anda tidak memproduksi insulin tanpa penyebab yang jelas, biasanya dimulai ketika seseorang masih kecil atau sejak lahir, oleh karena itu pengobatan diabetes tipe 1 biasanya memakai suntikan insulin untuk mengkompensasi pankreas yang tidak bekerja dengan baik. Pankreas adalah organ yang memproduksi insulin di dalam tubuh.

Diabetes tipe 2
Diabetes tipe dua adalah keadaan dimana pankreas tidak memproduksi insulin yang cukup atau tubuh memproduksi insulin dalam jumlah yg cukup tetapi tidak mampu menggunakannya. Banyak orang yang tidak sadar dirinya mengidap diabetes tipe dua dan sekitar 60.000 kasus didiagnosis setiap tahunnya.

Apa saja komplikasi yang dapat terjadi dengan diabetes
Diabetes adalah penyakit seumur hidup, jika tidak dirawat, maka kadar gula dalam darah yang tinggi dapat menyebabkan:

Kebutaan
Penyakit jantung
Kurangnya aliran darah ke organ-organ tertentu, sehingga perlu diamputasi
Kerusakan syaraf
Gangguan ereksi
Stroke

Faktor resiko
Faktor resiko diabetes tipe pertama masih belum diketahui dengan jelas tetapi diabetes tipe dua disebabkan oleh banyak hal seperti:

Umur, Anda yang berusia 40 tahun ke atas lebih beresiko untuk terkena diabetes.
Obesitas, berat badan berlebih, khususnya lemak perut akan meningkatkan resiko terkena diabetes.
Gaya hidup yang terlalu pasif, duduk di kantor seharian, tidak pernah berolahraga dan kurang tidur dapat meningkatkan resiko
Mempunyai keluarga yang mengidap diabetes
Pola makan yang tinggi kolesterol dan tinggi lemak buruk atau lemak jenuh.
Suku atau ras tertentu lebih mudah untuk mengidap diabetes.

Makanan
Makanan yang Anda makan 80% akan diubah menjadi glukosa (gula) oleh tubuh, walaupun Anda jarang makan permen atau coklat, masih banyak makanan lain yang diubah menjadi gula oleh tubuh, antara lain:

Nasi putih
Segala jenis roti kecuali roti gandum utuh
Kentang, pisang dan buah-buahan tertentu yang kadar GI-nya tinggi
Sirup dan es krim, serta semua makanan manis lainnya

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah diabetes
Pengaturan pola makan dan olahraga. diet yang sehat dan olahraga dapat mengurangi resiko diabetes. Batasi jumlah lemak jenuh dan lemak trans di dalam pola makan Anda, dan jangan merokok serta mengkonsumsi makanan yang manis-manis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Apa pendapatmu??^^

B_E_T_Z