Container Icon

PENERAPAN Dan KEGUNAAN KOMPUTER di SEGALA BIDANG


Dalam dunia yang sedang mengalami proses revolusi penerapan dari teknologi computer yang disebut computerization(komputerisasi). Komputerisasi ini sudah tampaknya sudah menjamah seluruh aspek disegala bidang.

a. Dibidang Tehnik dan Ilmu Pengetahuan.

Pada aplikasi teknik kecepatan dan ketepatan Komputer sangat bermanfaat dalam pengolahan data. komputer dapat menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat. Penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya dan sulit bila dilakukan manusia dapt menbutuhkan biaya yang besar, sekarang dapat dilakukan oleh Komputer secara simulasi.

Komputer dapat digunakan untuk membuat model molekul-molekul, yang dapat ditampilkan secara grafik pada layar Komputer,karena dengan begitu para ahli kimia dapat mengamati dan mengetahui apakah molekul-molekul tersebut bereaksi atau tidak.manipulasi dari molekul-molekul melalui grafik dengan menggunakan Komputer akan menghemat waktu dan biaya.

Aplikasi dari Computer Aided Design (CAD), yaitu perancangan yang memakai bantuan computer.misalnya perancangan bentuk mobil yang paling efisien dan efektif atau perancangan bentuk gedung atau susunan Tata ruang dalam bidang Arsitektur.

b. Dibidang Bisnis

Pada aplikasi bisnis kegunaan Komputer adalah untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Informasi ibarat darah yang mengalir didalam tubuh suatu perusahaan.bila informasi tersebut terhenti dan terhambat, maka system perusahaan akan menjadi lusuh.informasi yang beraneka ragam. Harus tepat pada waktunya dan harus tepat hasilnya, membutuhkan suatu alat pengolah data yang dapat menyediakan informasi tersebut, yaitu computer.

c. Dibidang Industry

Penerapan Komputer dibidang industry sekarang ini telah meluas dipergunakan. Karena memungkinkan proses produksi didalam industry lebih efisien dan lebih efektif.dalam proses produksi, Komputer dapat dipergunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses.

Pengawasan numeric berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi dari mesin-mesin yang dipergunakan,seperti misalnya mesin pemotong,grenda, mesin pres dan lain sebagainya.

Pengawasan proses berarti menyediakan otomatisasi didalam operasi proses yang kontinyu.komputer ini banyak dipergunakan pada proses produksi baja, penyulingan minyak, produksi kertas, bahan-bahan kimia,semen, makanan an lain-lain.

d. Dibidang Perbankan.

Pada bidang perbankan, Komputer dipergunakan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada pihak nasabah bank.

e. Dibidang Pendidikan.

Komputer sekarang sudah masuk didalam dunia pendidikan. Bahkan murid-murid taman kanak-kanak sudah menggunakan Komputer sebagai alat bantu dalam proses belajar.metode belajar dengan computer cukup efektif bagi anak-anak, karena cukup menarik.

Komputer juga dapat dipergunakan untuk membantu orang tuli mempelajari bahasa kode.

f. Dibidang Kedokteran.

Pada bidang kedokteran Komputer banyak digunakan pada klinik dan rumah sakit untuk membantu para dokter mendiagnosa penyakit menemukan obat yang tepat.dengan memasukan gejala-gejala penyakit dari pasien kekomputeran dokter akan segera mendapatkan hasil dari jenis penyakit pasien dan dapat menentukan obatnya.

Komputer mulai dipergunakan untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit untuk dilihat.sistem CAT (computerized axial tomography) adalah untuk membuat gambar otak.dan sekarang digunakan untuk mengamnil gambar seluruh organ tubuh yang lainnya, tanpa harus memotong organ tubuh, dokter dapat melihat system dalam tubuh pasien. Dengan menyinari bagian yang akan dianalisis dari beberapa sudut penyinaran.

g. Dibidang Penerbangan.

Salah satu kegunaan Komputer pada perusahaan penerbangan adalah untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur system pemesanan tiket.komputer-komputer cabangdihubungkan dengandikantor pusat lewat alat telekomunikasi. Dengan bantuan Komputer.pelayanan dan pengaturan jadwal penerbangan akan lebih cepat dan tepat.

h. Dibidang Kriminalitas.

Komputer dapat menghasilkan statistic kriminalitas disutu daerah,sehingga dapat membantu pengaturan patrol yang diperlukan. Suatu program Komputer yang canggih telah dikembangkan dengan nama crime analysis support system. Program ini dapat mengetahui suatu daerah yang kemungkinan akan terjadi kriminalitas.

Polisi juga dapat mengetahui data sidik jari tangan yang sudah dapat disimpan dikomputer.dengan bantuan Komputer,kalau ada perkara kriminalitas yang meninggalkan sidik jari tangan. pencarian identitas pemilik sidik jari tangan tersebut akan segera diketahui dengan cepat.

i. Dibidang Permainan.

Komputer dapat digunakan untuk hiburan, dalam bentuk permainan. Karena nbanyak permainan yang selain menghibur, juga sifatnya mendidik, karena dibutuhkan ketrampilan tertentu untuk meainkannya serta dituntut daya piker yang tanggap untuk bisa mengalahkan Komputer.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Apa pendapatmu??^^

B_E_T_Z