Container Icon

Tugas 2 TOU 1 (Arti penting Organisasi)

Reksa Dana Pasar Uang





Reksa Dana merupakan suatu wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat untuk selanjunya diinvestasikan dalam forto polio oleh Manajer investasi .

Reksa Dana bukan berarti reksa dana yang menempatkan asset investor pada berbagai macam fundamen mata uang atau berbagai macam bisnis valas. Reksa dana ini memiliki bunga yang tidak jauh berbeda dari deposito,tetap saja reksa dana jenis ini memiliki banyak keunggulan.

Pertama, adanya kebebasan waktu penarikan. Reksa dana jenis ini memiliki likuiditas tinggi, kelebihan lainnya
investor dapat menentukan jumlah uang yang ingin dicairkan. Selain itu keuntungannya yang lebih tinggi dari deposito.

Pengamat perbankan, Riyan Kiryanto mengatakan, ”Trend perpindahan dari deposito ke Reksa dana akan terus berlangsung meski bunga deposito naik. Namun, disaat bersaman orang akan mengalihkan dan tabungan kedalam deposito. Jadi, meskipun ada yang keluar ada juga dana yang masuk sehingga trend penurunan deposito saat ini akan berhenti,” ujarnya.

Investor lebih tertarik kereksa dana pasar uang karena pendapatannya lebih tinggi dari deposito,meskipun suku bunga deposito kemungkinan juga naik sebagai dampak dari kenaikan suku bunga SBI. Produk ini adalah salah satu contoh dari sekian banyak Reksa dana yang masing-masing dikelola oleh berbagai manajer investasi.



(Sumber : Seputar Indonesia)







ANALISIS :



Reksa dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat yang akan diinvestasikan, dimana seluruh aset investornya ditempatkan pada instrument pasar uang dan investasinya 100% berjangka kurang dari satu tahun. Instrument pasar uang adalah efek jangka waktunya kurang dari satu tahun. Dengan jangka waktu yang kurang dari satu tahun itu, maka Reksa dana pasar uang lebih liquid.

Organisasi diatas termasuk kedalam organisasi niaga karena bergerak dibidang investasi. Organisasi niaga itu sendiri adalah organisasi yang bergerak dibidang perniagaaan. Pada wacana diatas, organisasi tersebut dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya di investasikan kedalam portofolio efek oleh manager investasi. Organisasi diatas termasuk wadah. Wadah merupakan sekelompok manusia untuk saling bekerja sama. Organisasi niaga diatas dapat dirumuskan bahwa manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mangandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama disatu pihak dengan tujuan dipihak lain. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai kelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Jadi, arti organisasi dalam bidang perniagaan sangat penting karena di dalam suatu manajemen harus ada hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama disatu pihak dengan tujuan dipihak lain. Selain itu, mempunyai hubungan erat antara hubungan manajemen dan organisasi.





Untuk organisasi niaga diatas, termasuk ke dalam fungsi manajemen Controlling (pengendalian). Fungsi ini merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan dan penilaian sehingga dapat mencapai tujuan seperti yang direncanakan. Selain itu, sangat penting untuk mengetahui sampai dimana pekerjaan sudah dilaksanakan. Serta dapat dilakukan evaluasi, penentuan tindakan korektif ataupun tindak lanjut sehingga pengembangan dapat ditingkatkan pelaksanaanya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Apa pendapatmu??^^

B_E_T_Z